Siap bagikan segala yang positif untuk kamu!

Pengertian Komunikasi! [Definisi Komunikasi]

Illustrasi Pengertian Komunikasi
Illustrasi Pengertian Komunikasi

Salam semangat saudara AbangPedia yang cerdas, dan selalu ingin tahu. Seperti ingin tahu apa  postingan Abang Pedia hari ini. hohoho :D -  Pengertian Komunikasi.

Baiklah saudara, pada kesempatan kali ini AbangPedia ingin berbagi dengan kalian sebuah definisi komunikasi, komunikasi sebagai sebuah media untuk berinteraksi antar sesama manusia, atau bahkan  dengan Mahluk lain, dan tentu saja yang Kuasa memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, terlebih dengan perannya sebagai Mahluk Sosial.

Maka menyadari hal tersebut, mencoba memahami Pengertian Komunikasi jelas menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, bukan begitu saudara AbangPedia? maka melalui postingan tentang Definisi Komunikasi kali ini Abang Pedia ingin mencoba untuk menjelaskan kepada saudara AbangPedia tentang apa itu Komunikasi.

Pengertian Komunikasi Secara Bahasa [Secara Etimologis]

Komunikasi yang dalam bahasa Inggris disebut Communication berasal dari kata latin Communicatio, yang bersumber dari kata communis yang memiliki arti sama, sama dalam pemaknaan komunikasi ini memiliki pengertian "Sama Makna".

Pada sumber yang berbeda, kata atau istilah komunikasi, secara etimologis atau menurut asal katanya adalah berasal dari bahasa latin communicatus,  dimana kata ini bersumber dari kata communis, yang memiliki makna "berbagi", atau bisa diartikan dengan "menjadi milik bersama", sehingga bisa dipahami pengertian atau definisi Komunikasi ini adalah suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan, atau kesamaan makna.

Pengertian Komunikasi Secara Istilah [Secara Terminologis]

Adapun pengertian komunikasi secara istilah atau terminologis yakni merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Terdapat banyak sekali pemahaman-pemahaman yang berkembang di kalangan para ahli tentang pengertian dari Komunikasi ini. Menurut kutipan Djajusman (1985) dari Pengkategorian yang dilakukan Stappers, terdapat 6 kategori dari multi makna definisi komunikasi, yakni sebagai berikut:

  1. Aktivitas dari suatu pihak.
    Rumusannya antara lain: “Communication is the discriminatory of an organism to a stimulus” (Stevens, 1950)
  2. Aktivitas datang dari pihak lain: mempengaruhi.
    Rumusannya antara lain: “The process by which an individual (the communicator) “transmits” stimuli (usually verbal symbols) to modify the behavior of other individuals” (Hovland, 1948)
  3. Hubungan adalah central.
    Rumusannya antara lain: “Communication is essentially relationship set up by the transmission of stimuli and the evocations of response” (Cherrey, 1964)
  4. Hasil adalah yang utama: “sharing” atau pemilikan.
    Rumusannya antara lain: “It is a process that makes common to or several what was the monopoly of one or some” (Gode, 1959)
  5. Transmisi informasi.
    Rumusannya antara lain: “Communication is an information transformation process which originates at a mind and ends at a minds” (Toda, 1967)
  6. Penggunaan lambang.
    Rumusannya antara lain: “To designate interaction by means of signs and symbols” (Cullen, 1939)

Jika kita merujuk pada pengertian Ruben dan Steward (1998) mengenai komunikasi manusia yaitu:

Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another.

Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.

Untuk memahami pengertian komunikasi tersebut dapat dilancarkan secara efektif dalam Effendy(1994:10) bahwa peminat komunikasi sering kali mengutip paradigma yang dikemukakan oleh Harold Lasswell dalam karyanya: The Structure and Function of Communication in Society.

Lasswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk untuk menjelaskan komunikasi ialah dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut: Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect?

Paradigma Lasswell tersebut menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, yakni:

  1. Komunikator (siapa yang mengatakan?)
  2. Pesan (mengatakan apa?)
  3. Media (melalui saluran/ channel/media apa?)
  4. Komunikan (kepada siapa?), dan
  5. Efek (dengan dampak/efek apa?).

Sehingga berdasarkan paradigma yang dikemukakan Lasswell tersebut, secara sederhana proses komunikasi adalah pihak komunikator membentuk (encode) pesan dan menyampaikannya melalui suatu saluran tertentu kepada pihak penerima yang menimbulkan efek tertentu.

Materi Referensi:
id.wikipedia.com
adiprakosa.blogspot.com/2008/09/pengertian-komunikasi.html

[image Courtesy: maniegomarigel-sap.blogspot.com]


Nah itu pengertian komunikasi atau definisi komunikasi yang bisa Abang Pedia berikan untuk pembaca sekalian, semoga dapat memberikan manfaat.






Terimakasih atas kunjungan saudara pada Tulisan Abang Pedia Pengertian Komunikasi! [Definisi Komunikasi].
! Penilaian: 4.9
Jumlah Penilai: 78 Penilaian



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tunjukkan apresiasi saudara untuk postingan AbangPedia dengan mengirimkan komentar, masukkan, kritik dan saran melalui form berikut:

Copyright © 2014 By Si Pedia (Keluarga Besar Si Pedia). All Rights Reserved

Jangan ketinggalan tulisan Seru dan Cerdas AbangPedia, langsung klik tombol "Suka" ya Saudara!


dan, Follow juga AbangPedia di: