Siap bagikan segala yang positif untuk kamu!

Apa Itu Taekwondo! [Pengertian Taekwondo]

Pengertian Taekwondo
Ilustrasi: Taekwondo

Setelah sebelumnya dengan pengalaman Abang Pedia pada kali pertama kembali mengikuti latihan Taekwondo, kali ini Abang Pedia akan menjabarkan tentang apa itu taekwondo/Definisi dan Pengertian Taekwondo.


A. Pengertian atau Definisi Taekwondo

Nama Taekwondo terdiri dari tiga kata dasar, yakni: tae yang berarti kaki, kwon yang berarti tangan, serta do yang berarti seni. Maka Pengertian Taekwondo dapat dijabarkan secara sederhana sebagai berikut: “Taekwondo berarti seni atau cara mendisiplinkan diri/seni bela diri yang menggunakan teknik kaki dan tangan kosong”.

Sebutan Taekwondo atau yang biasa juga di baca dengan Tae Kwon Do, atau Taekwon Do memiliki sejarah yang sangat panjang, yang menurut beberapa sumber baru dikenal pada tahun 1954, yang merupakan modifikasi dan penyempurnaan berbagai beladiri tradisional Korea.

B. Konsep Taekwondo

Taekwondo merupakan bela diri dengan pola gerakan yang sangat indah dan sistematis. Selain itu tidak Taekwondo tidak cuma mengajarkan kemampuan bertunbertarung, tapi lebih dari itu dalam bela diri Taekwondo mengajarkan bagaiaman untuk mendisiplinkan diri, sehingga tak heran para praktisi Taekwondo akan memiliki mental dan jiwa disiplin yang baik.

Melalui berbagai rangkaian latihannya, maka para praktisi Taekwondo yang bersungguh-sungguh, serta mempelajari bela diri ini dengan benar akan memiliki mental yang kuat serta etika yang baik. Selain itu Taekwondo mengandung filosofi yang mendalam sehingga dengan mempelajarinya akan memberikan perkembangan pada pikiran, jiwa, dan raga dari para praktisinya.

Mempelejari Taekwondo tidak sekedar tentang mempelejari keterampilan beladi diri, namun lebih dari itu harus ditunjang dengan aspek fisik, mental, dan spiritualnya. Hal ini sesuai pernyataan Seperti pert Yong yang menyatakan bahwa:

There, the Koreans traditional martial art taekwondo aims not only to acquire power and skill for self-defence but to perfect one self with the character of devoting one’s life to the safe guard of justice, of respecting the responsibilities and of emboding the thought of universal equality.

Yang maksudnya adalah mempelajari olahraga Taekwondo bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan kekuatan dan keterampilan untuk membela diri saja, tetapi juga untuk menyempurnakan karakter dalam yang mampu mencurahkan kehidupannya dengan perlindungan hukum, menghormati tanggung jawab serta menaruh perhatian pada semua hal.

Seseorang yang berlatih atau mempelajari Taekwondo akan memiliki kondisi fisik yang baik, mental yang kuat, dan semangat yang tinggi dalam sikap dan tindakannya sehari-hari. Sehingga Taekwondo dapat dipelajari siapa saja tanpa bergantung pada jenis kelamin, umur, maupun status sosial.

Harapan AbangPedia pemahaman pada konsep/pengertian taekwondo atau definisi taekwondo ini dapat lebih membuat para pembaca yang merupakan praktisi Taekwondo menjiwai beladiri ini dengan sepenuhnya. Dan akhir kata semoga artikel ini dapat beramfaat untuk saobat pembaca.






Terimakasih atas kunjungan saudara pada Tulisan Abang Pedia Apa Itu Taekwondo! [Pengertian Taekwondo].
! Penilaian: 4.9
Jumlah Penilai: 78 Penilaian



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tunjukkan apresiasi saudara untuk postingan AbangPedia dengan mengirimkan komentar, masukkan, kritik dan saran melalui form berikut:

Copyright © 2014 By Si Pedia (Keluarga Besar Si Pedia). All Rights Reserved

Jangan ketinggalan tulisan Seru dan Cerdas AbangPedia, langsung klik tombol "Suka" ya Saudara!


dan, Follow juga AbangPedia di: