Siap bagikan segala yang positif untuk kamu!

Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Komunikasi!

Bagaimana Meningktakan Kemampuan Komunikasi
Illustrasi: Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Komunikasi!

Salam semangat yah saudara, setelah sebelumnya Abang Pedia sudah membahas tentang Pengertian Komunikasi dan/atau Definisi Komunikasi, maka kali ini masih belum beranjak dari tema komunikasi yang merupakan bagian vital kehidupan sosial manusia, yakni dengan bahasan mengenai bagaimana meningkatkan kemampuan komunikasi.

Kemampuan berkomunikasi secara efektif sangatlah penting dalam berhubungan sosial, aktifitas pendidikan dan pekerjaan. maka memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik perlu untuk kita pelajari. Maka kali ini Abang Pedia ingin membagikan kepada saudara tentang bagaimana mengembangkan keterampilan berkomunikasi yang baik.


Memahami dasar-dasar Ketrampilan Komunikasi

  1. Mengetahui apa komunikasi itu sebenarnya.

    Komunikasi merupakan proses pengiriman isyarat atau pesan diantara pengirim dan penerima pesan melalui berbagai metode (tertulis, isyarat non verbal, ucapan). Hal ini juga merupakan mekanisme yang kita gunakan untuk menciptakan atau mengubah hubungan.

  2. Memiliki Keberanian.

    Keberanian dalam hal ini adalah keberanian untuk mengatakan apa yang ada dalam pikiran anda. Hal ini dapat dilakukan dengan meyakini apa yang akan anda ucapkan atau apa yang terdapat dalam pikiran anda dapat memberikan dampak positif bagi percakapan yang sedang anda lakukan. Selain itu anda dapat meluangkan waktu setiap hari untuk memahami pendapat dan perasan yang anda miliki, sehingga anda dapat lebih mudah mengungkapkan perasaan ataupun pendapat anda kepada orang lain.

    Jika anda ragu untuk berbicara karena khawatir apa yang ingin anda ungkapkan akan tidak bermanfaat, percayalah dan anda tidak perlu takut, karena apa yang tidak bermanfaat bagi seseorang bisa jadi akan sangat bermafaat bagi orang lainnya.

  3. Praktek.

    Tentu hal ini merupakan hal terpenting untuk memperoleh kemampuan komunikasi yang hebat. Percakapan atau interaksi sederhana akan sangat membantu anda untuk memperoleh kemampuan berkomunikasi yang baik. Praktik atau Latihan komunikasi ini dapat anda mulai dari interaksi pribadi kepada sahabat, atau keluarga lalu dapat anda kembangkan untuk komunikasi di kalangan professional/lingkungan kerja.

    Memang membutuhkan waktu untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tapi percayalah setiap anda melatih kemampuan berkomunikasi anda hari ini, akan membuka peluang dan kemitraan bagi anda di masa mendatang.

Libatkan Lawan Biacara Anda

  1. Lakukan kontak mata.

    Ketika anda berbicara atau mendengarkan lawan bicara anda, lalu melakukan kontak mata atau melihat kedalam mata lawan bicara anda maka hal ini dapat meningkatkan ketertarikan lawan biacara anda, sehingga akan mendorong mereka untuk lebih memperhatikan anda.

  2. Gunakan Isyarat atau Bahasa Tubuh.

    Isyarat berupa gerakan kecil dari anggota tubuh anda, membuat komunikasi yang anda lakukan akan lebih efektif karena setiap gerakan kecil yang anda lakukan akan semakin memperjelas maksud dari ungkapan anda.

  3. Jangan Mengirimkan Pesan Campuran.

    Jadikan ucapan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah anda sesuai. Misalkan anda hendak mengajarkan disiplin kepada seseorang sambil tersenyum, hal ini akan memberika makna campuran dari komunikasi yang anda lakukan, dan tentunya akan membuat komunikasi anda menjadi tidak efektif.

  4. Sadari apa yang tubuh Anda katakan.

    Bahasa tubuh bisa mengatakan banyak hal, kadang lebih dari serangkaian kata yang anda keluarkan. Secara tidak sadar sering kali sikap tubuh kita dalam berkomunikasi, atau bahkan sebelum berkomunikasi telah terlebih dahulu menyampaikan pesan tertentu kepada lawan bicara, hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kelangsungan komunikasi yang anda lakukan. Maka menyadari setiap pesan yang disampaikan tubuh anda sangatlah penting untuk untuk perhatikan. Kesalahan bahasa tubuh sering kali membuat komunikasi tidak dapat mengalir dengan baik.

  5. Menunjukkan Sikap Yang Membangun dan Meyakinkan.

    Menunjukkan sikap yang baik ketika berbicara akan memiliki dampak besar pada ketenangan dan interaksi anda dengan orang lain. Selalu memilih untuk bersikap jujur, sabar, tulus, optimis, penuh hormat, serta menerima orang lain akan menjadi faktor sukses bagi komunikasi anda. Belajarlah untuk semakin peka terhadap perasaan orang lain, dan bagaimana menghargai kemampuan orang lain, karena ini merupakan satu faktor yang akan membangun penilaian baik lawan bicara anda.

  6. Mengembangkan Keterampilan Mendengarkan Dengan Efektif.

    Untuk dapat berkomuniasi dengan baik seseorang tidak hanya dituntut untuk dapat berbicara secara efektif, tapi juga harus mampu mendengarkan kata-kata orang lain, dan mampu memahami apa yang sedang dibicarakan oleh lawan bicara anda. Anda tidak akan memberikan jawaban yang baik bagi lawan bicara anda jika anda tidak mampu tenang dan mendengarkan perkataan lawan bicara anda ketika ia berbicara.

Gunakan Kata-kata Anda

  1. Mengucapkan Kata-Kata Dengan Jelas.

    Berbicaralah dengan jelas dan tidak bergumam. Jika anda sering diminta untuk mengulangi perkataan yang anda ucapkan, cobalah untuk berbicara dengan lebih baik dan jelas.

  2. Ucapkan kata-kata Anda dengan benar.

    Orang akan menilai kemampuan anda dalam berbicara melalui kosakata anda. Jika anda tidak yakin bagaimana mengucapkannya dengan benar, maka lebih baik anda tidak menggunakan kata tersebut.

  3. Gunakan kata-kata yang tepat.

    Jika Anda tidak sepenuhnya mengetahui tentang arti kata yang hendak anda ucapkan. Maka lebih baik bagi anda untuk tidak menggunakannya. Ambillah kamus dan mulailah kebiasaan untuk memperkaya kosakata anda, satu dua kata perhari. Dan praktikkan setiap kata yang telah anda pelajari pada pada percakapan sehari-hari anda.

  4. Memperlambat Tempo Bicara

    Orang akan berfikir anda gugup atau tidak percaya diri ketika anda berbicara terlalu cepat. Komunikasi yang baik adalah ketika anda maupun audience dapat memahami pesan yang ingin disampaikan. Sehingga dengan tempo bicara yang lebih lambat perkataan anda akan lebih mudah dipahami oleh lawan bicara. Tapi, anda harus berhati-hati untuk tidak memperlambat tempo bicara hingga orang mulai berfikir untuk membantu anda untuk menyelesaikan kalimatyang hendak anda ucapkan. :D

Gunakan Suara Anda

  1. Kembangkan Ssuara Anda - Sebuah Suara Tinggi atau Cengeng tidak akan dianggap sebagai salah satu otoritas.

    Suara tinggi ataupun lembut anda dapat membuat anda terdengar seperti mangsa yang membuat lawan bicara anda lebih agresif, dan membuat orang lain tidak menanggapi anda serius. Maka cobalah untuk menurunkan nada suara anda. Sehingga anda akan dinilai lebih baik dalam berbicara.

  2. Menghidupkan Suara Anda.

    Hindari berbicara dengan nada monoton, ada kalanya anda harus mengubah nada bicara anda. Menaikkan dan Menurunkan nada bicara anda saat dibutuhkan adalah cara terbaik untuk membuat suara anda terdengar lebih hidup.

  3. Gunakan volume yang sesuai.

    Gunakan volume yang sesuai untuk pengaturan.Berbicara lebih pelan saat Anda sedang sendirian dan dekat. Bicaralah lebih keras ketika Anda berbicara dengan kelompok yang lebih besar atau di ruang yang lebih besar.

Nah itu dia bahasan dari Abang Pedia tentang bagaimana meningkatkan kemampuan komunikasi, yang tentu saja AbangPedia harapkan dapat membantu saudara sekalian untuk menjadi seorang komunikator yang baik. akhir kata semoga bermanfaat yah saudara. :D






Terimakasih atas kunjungan saudara pada Tulisan Abang Pedia Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Komunikasi!.
! Penilaian: 4.9
Jumlah Penilai: 78 Penilaian



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tunjukkan apresiasi saudara untuk postingan AbangPedia dengan mengirimkan komentar, masukkan, kritik dan saran melalui form berikut:

Copyright © 2014 By Si Pedia (Keluarga Besar Si Pedia). All Rights Reserved

Jangan ketinggalan tulisan Seru dan Cerdas AbangPedia, langsung klik tombol "Suka" ya Saudara!


dan, Follow juga AbangPedia di: