Siap bagikan segala yang positif untuk kamu!

Makna dan Tingkatan Sabuk Taekwondo [Filosofi Sabuk]

Filosofi Sabuk Taekwondo
Sabuk Taekwondo

Salam semengat pembaca setia Abang Pedia, masih dengan materi seputar Taekwondo, setelah sebelumnya dengan Janji Taekwondo Indonesia, kali ini AbangPedia akan memperkenalkan kepada kalian tentang sabuk latihan taekwondo, yakni Filosofi Sabuk Taekwondo, sabuk taekwondo atau yang biasa disebut dengan "ti" ini melambangkan tingkatan dari penggunanya, yang dimulai dari putih, hingga terakhir adalah hitam.


masing-masing tingkatan sabuk ini memiliki makna atau filosofi tersendiri, yakni sebagai berikut:

  • Sabuk Putih

    Sabuk putih ini melambangkan kesucian, warna ini menjadi awal/dasar dari semua warna. Dalam Taekwondo, sabuk putih merupakan sebuah permulaan, di tingkat ini para taekwondoin mempelajari jurus dasar Kibon 1

  • Sabuk Kuning

    Sabuk kuning ini melambangkan bumi, Pada tingkat ini taekwondoin akan mulai ditanamkan dasar-dasar Taekwondo dengan kuat. Pada tingkatan ini para taekwondoin akan mempelajari Kibon 2 dan 3. Dan untuk naik ke tingkat selanjutnya yakni sabuk hijau, para Taekwondoin harus melewati sabuk kuning strip hijau terlebih dahulu.

  • Sabuk Hijau

    Sabuk hijau melambangkan hijaunya pepohonan, pada saat ini para taekwondoin akan menumbuhkan dasar taekwondo yang mereka miliki. Pada tingkatan ini para taekwondoin akan mempelajari taeguk 2. Sebelum berada pada tingkatan ini para taekwondoin akan naik ke sabuk hijau strip biru terlebih dahulu.

  • Sabuk Biru

    Sabuk biru melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya, memberi makna para tekwondoin harus mulai mengetahui apa yang telah mereka pelajari. dalam tingkat ini para taekwondoin akan mempelajari taeguk 4. Dan sebelum naik ketingkat selanjutnya yakni sabuk merah, biasanya para taekwondoin harus naik ke sabuk biru strip merah terlebih dahulu.

  • Sabuk Merah

    Sabuk ini melambangkan matahari, ketika berada pada tingkatan dengan sabuk merah ini artinya taekwondoin sudah mulai menjadi pedoman bagi orang lain, shingga sudah harus mampu mengontrol setiap sikap dan tindakan mereka. Sesuai maknanya pada tingkatan ini seorang sabuk merah akan memberikan kehangatan atau dapat kita artikan dengan mulainya ia memberi ilmu atau bimbingan. Dalam tingkatan ini taekwondoin akan mempelajari Taeguk 6. Dan untuk bisa naik ke tingkat selanjutnya (sabuk hitam), para taekwondoin akan terlebih dahulu naik ke sabuk merah strip dua dan merah strip satu terlebih dahulu.

  • Sabuk Hitam

    Sabuk hitam ini melambangkan sebuah akhir, kedalaman, atau kematangan dalam berlatih dan sebuah kemampuan penguasaan diri dari takut dan kegelapan, warna hitam ini juga melambangkan alam semesta yang berarti pada sabuk ini seorang sabuk hitam telah mencapai tingkat tertinggi dari tari tingkatan yang ada pada Taekwondo ini. Sabuk hitam ini memiliki tahapan mulai dari Dan 1 hingga Dan 9.

Nah itu dia berbagai filosofi dan keterangan dari masing-masing Sabuk atau Ti pada taekwondo, semoga ini dapat memberikan manfaat dan wawasan tambahan bagi sobat pembaca.






Terimakasih atas kunjungan saudara pada Tulisan Abang Pedia Makna dan Tingkatan Sabuk Taekwondo [Filosofi Sabuk].
! Penilaian: 4.9
Jumlah Penilai: 78 Penilaian



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tunjukkan apresiasi saudara untuk postingan AbangPedia dengan mengirimkan komentar, masukkan, kritik dan saran melalui form berikut:

Copyright © 2014 By Si Pedia (Keluarga Besar Si Pedia). All Rights Reserved

Jangan ketinggalan tulisan Seru dan Cerdas AbangPedia, langsung klik tombol "Suka" ya Saudara!


dan, Follow juga AbangPedia di: