Siap bagikan segala yang positif untuk kamu!

Tips dan Cara Merawat Hamster

Tips dan Cara Merawat hamster
Hamster

Tips Cara Merawat hamster - Hamster merupakan binatang peliharaan kecil yang begitu menggemaskan, dan sangat tepat untuk di rawat oleh anak-anak. Dengan bentuknya yang menggemaskan, ia menjadi begitu mudah mengambil hati anak-anak maupun orang dewasa untuk merawatnya. Selain itu ukurannya yang terbilang kecil membuat hewan ini menjadi begitu mudah dan murah untuk dirawat. Dengan perhatian, dan perawatan yang baik seekor hamster dapat bertahan hidup hingga 5 tahun.


Maka kali ini Abang Pedia ingin membagikan kepada saudara pembaca tentang bagaimana cara merawat seekor hamster, okay langsung saja kita masuk pada langkah-kangkah merawat hewan mungil ini! 

Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Merawat Hamster

  • Bola Latihan Hamster.

  • Serbuk Serutan Pinus atau Kertas Daur Ulang, sebagai alas kandang Hamster.

  • Makanan hamster

  • Roda Latihan Hamster

  • Desinfektan

  • Buah Segar

  • Kandang hamster.

  • Botol air minum hamster.

  • Sayuran Segar

Langkah-Langkah Dalam Merawat Hamster

  1. Belilah hamster Yang Tepat, sebuah hamster yang paling ideal untuk di rawat adalah yang berumu antara 4 hingga 7 minggu, karena hamster yang masih muda lebih mudah untuk dijinakkan.
    Terdapat dua jenis hamster, pertama adalah Golden Hamster dan Hamster Siberia (hamster kerdil), Golden Hamster memiliki variasi warna bulu yang lebih banyak daripada Hamster Siberia, namun satu perbedaan yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bahwa Hamster Siberia adalah hamster yang lebih sulit untuk dijinakkan. Sedangkan Golden Hamster, lebih tepat dijadikan sebagai Hewan Peliharaan karena ia lebih lembut, jinak, dan lebih menyenangkan.

  2. Letakkan Hamster Pada Tempat Yang Tepat, tempat terbaik bagi seekor hamster adalah yang tidak terkena angin dari luar rumah dengan kuat, serta tidak berpapasan langsung dengan sinar matahari, dan tentu saja di tempat yang dapat anda akses sesering mungkin, sehingga anda dapat terus mengontrol kondisinya serta bersenang-senang dengan hewan peliharaan mungil ini.

  3. Lapisi Lantai Kandang, Lapisi lantai kandang dengan serbuk serutan kayu pinus, serutan ini akan berguna untuk menyerap kotoran hamster anda, serutan kayu pinus sangat disarankan karena daya serapnya yang baik serta tidak beracun.

  4. Botol Air Minum, pastikan botol air minum yang bersih dan telah teisi air bersih selalu tersedia dikandang hamster anda, letakkan botol air ini pada ketinggian yang dapat dijangkau oleh hamster namun tidak menyentuh tempat tidur hamster, karena jika tempat tidur basah maka tempat tidur ini dapay membusuk dan menyebabkan hamster peliharaan anda mengalami sakit. dan ingat cuci dan isi ulanglah botol air minum hamster anda setiap hari.

  5. Siapkan Mainan untuk ia kunyah hamster adalah hewan pengerat dan suka mengunyah, anda bisa memasukkan karton yang terdapat pada gulungan tisu toilet untuk ia kunyah. Letakkan ini pada bagian sisi kandang.

  6. Buatlah Kamar Tidur Bagi Hamster Anda, sebuhah kotak kardus tertutup dapat anda jadikan sebagai tempat tidur bagi hamster anda, berikan potongan selebar 2inch sebagai pintu kamar mereka, anda dapat meletakkan kotak kardus ini pada bagian Sudut kandang. Naluri yang ada pada hamster anda membuatnya tidak akan buang air kecil di dalam kotak, sehingga kotak ini dapat anda gunakan selama beberapa bulan, dan tentu saja kotak ini perlu anda ganti setelah tampak kurang layak.

  7. Berikan makanan hamster, anda dapat memberikan makan makanan toko satu hingga dua kali sehari kepada hamster anda, dan selalu sediakan pula beberapa potong sayuran dan buah-buahan segar setiap hari untuknya. Jika anda ingin memberikan makanan dengan jenis baru kepadanya, pastikan untuk memberikannya dengan porsi kecil terlebih dahulu, agar sistem pencernaanya dapat menyesuaikan terhadap makanan baru ini.

  8. Latih Hamster anda, sebuah roda latihan hamster dalam kandangnya sangat baik untuk latihan dan bermain si Hamster. Sesekali biarkan hamster anda bermain di luar kandang, anda dapat menggunakan Hamster Ball yang dapat anda beli di Pet Shop untuk membuat hamster anda lebih aman, selain itu selalu perhatikan pintu kamar anda dalam kondisi tertutup agar anda tidak kehilangan sang hamster kesayangan anda.

  9. Mencuci Kandang Hamster, cuci kandang hamster anda paling tidak sekali seminggu. Caranya letakkan hamster anda pada tempat yang aman, lalau celupkan kandang hamster anda pada air yang sudah ditetesi desinfektan. Bersihkan setiap sisa-sisa kotoran dengan seksama, dan tempatkan alas kandang baru, setelah semua kering letakkan kembali hamster pada kandangnya.

  10. Buah dan Sayuran, buah dan sayuran yang masih tersisa dalam dua hari sebaiknya ssegera anda singkirkan jika anda tidak ingin hamster anda memakan jamur yang ada pada Sayur dan Buah itu lalu sakit!

  11. JANGAN Memandikan hamster Anda, Hamster anda bsa membersihkan diri mereka sendiri, jika terdapatbau-bau tak sedap, itu bukan datang dari hamster anda namun dari kandang yang kurang bersih, jadi selalu bersihkan kandang hamster anda dengan teratur.

  12. Jangan Tinggalkan Dia,  jika anda hendak pergi dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya anda membawanya atau anda bisa mentitipkannya pada seseorang untuk merawatnya selama anda tidak bersama peliharaan mungil anda ini.

  13. Tips Dalam Merawat Hamster

    • Memilih hamster yang masih muda tidak hanya agar ia tampak sebagai hewan peliharaan yang lucu, namun juga karena hamster muda lebih mudah dalam bersosialisasi. Pilihlah hamster yang rileks di tangan anda, bisa membersihkan diri mereka sendiri, dan tampak montok, bermata cerah, lincah, waspada, dan terlihattertarik dengan anda.

    • Hamster Aktif Pada Malam Hari, jadi waktu yang paling tepat untuk membersihkan kandang ataupun mengajakknya berolah raga adalah malam atau pagi hari, bukan ditengah hari karena akan membuat istirahatnya terganggu.

    • Untuk menjinakkan hamster anda, dapat anda lakukan dengan memberikan perlakuan lembut setiap harinya, kemudian memberikan sayuran dengan tenang pada hamster dapat membuatnya lebih cepat jinak terhadap anda.

    • Jika Roda Hamster anda membuat tidur anda teganggu, lepaskan roda hamster pada waktu tidur dan pasang kembali saat anda telah bangun.

    • Anak-anak berumur tiga tahun bisa menjadi pemilik hamster yang baik, namun harus selalu diawasi oleh orang dewasa, agar dapat membantunya merawat sang hamster. Anak berumur sepuluh tahun sudah siap untuk merawat hamster seorang diri.

    • Pastikan anda memperkenalkan hamster anda kepada orang-orang disekitar anda dengan baik dan penuh kelembutan, karena jika tidak hamster anda dapat memberikan gigitan yang cukup menyakitkan.

    • Jika anda meletakkan hamster di dalam bola latihan plastik, jagalah bola agar tidak jatuh dari tangga, karena ini dapat mengakibatkan cidera yang cukup serius.

    • Pastikan meletakkan kandang hamster anda pada tempat yang tidak membuatnya terancam oleh binatang peliharaan lainnya.

    • Pastikan tempat tidur hamster tetap hangat dan kering, kelembapan dapat menyebabkannya infeksi yang berakibat buruk.

    • Jangan tergoda untuk memiliki lebih dari satu hamster, terlebih jika anda akan meletakkan dua hamster yang tidak berjenis kelamin yang sama, karena merawat puluhan hamster yang saling berkelahi itu sangat sulit.

    • Hamster dapat tertular pada virus flu pada manusia, sehingga pastikan anda selalu menjaga jarak dengan sang hamster ketika anda sedang sakit.

    • Segera konsultasikan pada dokter hewan dan berikan perawatan medis kepada hamster jika hamster anda mengalami sakit, karena hamster yang sakit dapat dengan mudah mati.

    • Pada umumnya hamster dapat hidup hingga lima tahun, bahkan mungkin bisa lebih pendek dari itu, Maka bersenang-senanglah dengan baik pada waktu yang anda miliki bersama.

    • Hamster anda adalah salah satu binatang yang tangguh dalam melarikan diri, jika itu terjadi, anda dapay memikatnya dengan makanan atau roda latihan di malam hari.

    Nah itu dia Tips dan Cara Merawat hamster yang bisa Abang Pedia sajikan untuk saudara, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca yang memelihara hamster. :)






    Terimakasih atas kunjungan saudara pada Tulisan Abang Pedia Tips dan Cara Merawat Hamster.
    ! Penilaian: 4.9
    Jumlah Penilai: 78 Penilaian



    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan tunjukkan apresiasi saudara untuk postingan AbangPedia dengan mengirimkan komentar, masukkan, kritik dan saran melalui form berikut:

    Copyright © 2014 By Si Pedia (Keluarga Besar Si Pedia). All Rights Reserved

    Jangan ketinggalan tulisan Seru dan Cerdas AbangPedia, langsung klik tombol "Suka" ya Saudara!


    dan, Follow juga AbangPedia di:
    Contoh Hamster Ball